Sayang Motor - Sayang Motor...

publish by Iyo On 4:50:00 AM

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang dapat kita lakukan sendiri dalam rangka untuk menjaga motor kita tetep fit alias layak jalan dan meminimalkan resiko demi keselamatan diri kita maupun motor kita. disarankan untuk dijalankan secara periodik, bisa weekly ataupun mounthly, sesuaikan dengan mobilitas motor kita masing-masing.



1. Ban, cek kondisi ban, terutama kembangannya, beberapa orang maupun pendapat ada yang mengatakan kalau kembangan kita ternyata tinggal 1mm, ini masih layak dan aman untuk jalanan, tetapi kalau tidak mau ambil resiko, begitu kita sadar kalau kembangan kita sudah tinggal 3mm, segera mungkin untuk menggantinya, sekali lagi, ini adalah pendapat orang, kalau saya pribadi lebih cenderung pada pendapat yang kedua. tekanan ban juga mesti dicek, terlalu keras akan menyebabkan handling susah dan traksi kurang bagus, terlalu rendah bikin boros bahan bakar, so...yang sedang-sedang aja, baca petunjuknya sob.

2. Oli mesin, cek level dari oli mesin kita, segera tambahkan kalau memang berkurang (beberapa orang kurang setuju dengan ini) atau ganti oli sekalian, pastikan posisi motor kita pada bidang datar dan tegak lurus (double standard)

3. Rantai, cek kekendoran rantai motor kita, kalau bingung, kita bisa buka lagi buku manualnya, atau kalau belum lepas, kita bisa lihat stiker yang dipasang dibagian swing arm atau tutup rantai dari motor kita yang memuat hal ini. jangan pernah membiarkan rantai kita terlalu kendor, bahaya sob, ini pernah gw alami sendiri.

4. Electrical, pastikan semua peralatan elctric berfungsi dengan benar, cek juga kabel-kabelnya, apalagi kalau motor kita sudah dimodif dengan menambah piranti electric, accu juga jangan sampai dicuekin,cek level air accu-nya tambahkan segera kalau memang sudah dibawah low level, jangan sampai melewati level paling atas sob, bisa kemana-mana nanti airnya.

5. Piranti ciet/rem, cek tromol, disc pads juga disc-nya dan minyak rem jangan sampai dibawah garis minimum. bebarengan dengan ini kita bisa sekalian cek kaki-kaki depan, pegang kedua sok depan motor kita dengan kedua tangan kita dengan kuat, lalu lakukan gerak tarik dan dorong, dari ini kita bisa tau apakah kondisi kemudi kita. lakukan hal yang sama pada swingarm, kalau tidak ada yang oblak itu berarti ok.

6. Pelumasan, cek semua bagian yang memang perlu pelumasan, apalagi dimusim penghujan gini, banyak bagian yang butuh pelumasan secara regular. dan jangan lupa, sebelum kita mengendarai motor perhatikan perlengkapan berkendara, terutama helm yang kuat, sepatu yang menutupi mata kaki kita, sarung tangan serta jaket yang dapat melindungi tubuh kita.

7. kalau ada yang mau nambahin, silahkan dicomment yah...thxs.

0 Response to "Sayang Motor - Sayang Motor..."

Posting Komentar

About Me

Followers

Buy Book

KUTU BUKU :
Masukkan Code ini K1-Y7F5FB-X
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Sponsor

Num of Visitor

Talk to Me


ShoutMix chat widget

Recent Posts

Searching Result

Thankyou

Thanks You For Your Message