Para bikers tentunya ga ada yang mau kalau tiba-tiba tunggangannya tiba-tiba ogah diajak jalan lagi alias mogok. Ada beberapa penyebab untuk masalah ini, salah satunya adalah karena terjadi hubungan pendek bin konslet (bahasa awam) didalam CDI, pertanyaan selanjutnya adalah, kenapa bisa konslet ? salah satu penyebabnya adalah, CDI kemasukan air, kenapa bisa kemasukan air ? karena CDI-nya haus…weleh-weleh kok jawabannya ngawor gini yah… Baiklah, mari kita kembali ketopik lagi, CDI bisa saja kemasukan air apabila kondisi soket CDI kita sudah tidak bagus dan kita tidak hati-hati saat mencuci motor kita atau motor kita ajak hujan-hujan dan menerobos banjir padahal kondisi socet CDI lagi tidak bagus. Nah…udah kejawab sekarang mengapa CDI kita bias mati tiba-tiba karena konslet. Trus apa yang bisa kita lakukan agar terhindar dari bencana ini ? berikut tips yang sangat mudah dan murah untuk menangkal musibah ini. 1.Cek kondisi sambungan antarkabel soket CDI dan soket dari kabel bodi, terutama untuk motor yang sudah mempunyai umur diatas 3 tahun, pastikan semuanya aman. 2.Cek kondisi karet sil yang ada didalam rumah soket CDI, mungkin saja karetnya sudah tidak bagus lagi atau bahkan sudah putus, kondisi demikian bisa membuat air mudah masuk ke bagian yang rentan terhadap air. 3.Cek karet bundar penyekat kabel didalam pelindung soket dari kabel bodi, pastikan tidak rusak, karena air juga bisa masuk apabila kondisi karetnya sudah rusak. Gampangkan….?? He..he..gampang apabila semua kondisinya masih OK, kalau karet udah pada rusak…? Gimenong dong…??? Tenang bos, ini aku ada contekan dari majalah Otomotif edisi 40, 04 FEBRUARI 2008 : 1.Siapkan sealant yang biasa buat gasket, bahan ini gampang didapat and murah kok. 2.Oleskan bahan tersebut ke penyekat soket dari kabel bodi, usahakan sealant dapat masuk dengan sempurna dan menutup lubang bekas penyekat yang rusak, n jangan lupa…tunggu sampai kering ya. 3.Gunakan sealant untuk kedua soket yang masuk ke CDI, caranya, oleskan sealant tersebut ke sekeliling celah antara rumah soket dan batang soket CDI hingga merata dan pastikan tidak ada celah yang tertinggal dari olesan sealant tadi dengan begitu rembesan air tidak mungkin terjadi. 4.Selesai dan selamat mempraktekan.
Gambar diambil dari motorcycleaccessories.wordpress.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 Response to "Awas...CDI ngambek"
Posting Komentar