Bagi brothers yang pengen mencicipi gimana dahsyatnya mesin motor dengan type DOHC, mungkin informasi ini akan sangat berguna.
Adalah Bonny Akbar Tambunan, dia adalah salah satu mekanik yang biasa mengkawinkan mesin DOHC milik Suzuki Satria F-150 kebeberapa jenis motor lainnya. Doi bisa ditemui di Jl.Cirende Raya, Jakarta Selatan atau bisa janjian dulu dengan menekan nomor (021)96131004.
Asyiknya lagi, kita ga usah repot-repot nyari tuh head DOHC, tinggal datang bawa motor and doi bakalan nyediain semuanya.
Wanna try...??
sumber info : Motor Plus, Edisi 557, 31 Oktober 2009
Tulisan ini diawali oleh kegelisahan atas kondisi kelistrikan yang ada dikuda besi saya, entah kapan persisnya gejala ini muncul, yang jelas ada ketidakberesan dengan kondisi kelistrikan saat ini.
Gejala paling mencolok adalah ketika malam hari dimana lampu utama aktif dan sein saya aktifkan juga, dalam kondisi begini terlihat sekali seolah-olah accu tidak mampu mensupply kebutuhan listrik. Terang-redup secara bergantian antara lampu uama dan sein adalah gejala yang sampai saat ini saya alami, menurut beberapa teman, saya disarankan untuk pasang relay untuk lampu utama dan sein, hal ini sudah saya lakukan pada piranti klakson tambahan (stabel Nautilus), tapi tetep saja ‘penyakit’ ini tidak mau pergi.
Dari hasil baca - sana baca – sini, sepertinya dengan menginstal kapasitor bank ‘penyakit’ ini bisa hilang, ini baru pikiran saya saja loh, soale sampai sekarang belum juga saya mencoba alat yang biasa dipakai untuk instalasi audio diroda empat ini.
Salah satu sumber yang membahas tentang kapasitor bank ini menyebutkan kalau alat ini mampu mengatasi masalah kelistrikan motor kita meski banyak piranti tambahan yang mengkonsumsi daya listrik secara besar-besaran, salah satu rujukan bengkel penyedia piranti ini adalah bengkel F-16 Motor di Jl.Ciledug Raya, No.16 (samping Ramayana Ciledug), katanya bengkel ini juga siap diajak berkonsultasi dengan menekan nomor 021-73446678.
Buat brother semua yang kebetulan baca artikel ini, mohon masukan dan informasinya ya, benarkah piranti ini mampu mengobati penyakit motor saya ?
Many…many thanks…
Referensi : Tabloid Motor Plus Edisi 557, Oktober 2009
PT Kawasaki motor indonesia atau PT KMI akan segera meluncurkan varian motor sport terbaru mereka, Ninja ZX-6R. varian baru ini sudah dikenalkan ke publik beberapa waktu yang lalu oleh PT KMI.
Dengan mengusung mesin berkapasitas gambot, yaitu 600cc ( 599cc ) ditambah dengan konvigurasi 16 katup, motor dengan 6 percepatan ini sanggup melesat hingga 200 km/jam. Tidak hanya itu, kabarnya mesin ini sanggup memuntahkan torsi yang lumayan besar, 65.68 Nm pada putaran 10.000 rpm.
Ngomongin harga, motor sport excotic milik kawasaki ini tembus angka 220 juta hingga 230 juta, mmmm…bener-bener motor kelas premium.
Sumber : otovideo
Buat brothers yang mungkin berencana untuk mengganti oli sokbreker motornya, mungkin tabel ini bisa sedikit membantu untuk masalah volume yang mesti dituangkan. Catat ya, ini adalah volume standard pabrikan, untuk alasan diluar itu, brother semua bisa mengurangi atau menambahkan dari standardnya.Sekedar sharing saja, apabila volume oli yang kita tuangkan lebih sedikit dari standard, maka resikonya adalah sok terlalu “empuk” atau lembek. Kondisi demikian akan sangat berpengaruh saat kita melibas jalanan yang tidak rata, motor akan terasa limbung dan kurang stabil, demikian juga saat kita mencoba menaklukan tikungan yang agak tajam dengan kecepatan yang lumayan, motor pasti akan terasa limbung…bahaya bro.
Dan apabila volume oli yang kita tuangkan melebihi standard maka bantingan sok akan berasa keras, kondisi ini lama kelamaan bisa merusak bagian kaki-kaki motor kita. Jadi yang paling asyoi geboy adalah sesuai dengan standard pabrikan (lihat tabel).
Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita akan mengganti oli sok depan motor kita adalah, pastikan semua oli yang lama keluar semua dari tabung, setelah itu baru kita isikan oli yang baru dan apabila komponen sok dikuras, maka jangan lupa untuk menambahkan sekitar 2.5 ml oli untuk setiap tabung.
Inilah sepeda motor listrik keren yang merupakan hasil karya dari Hirsch design's. Produk ini diberi nama Comoto, yang mungkin akan menjadi sepeda motor paling ringan didunia setelah diproduksi nanti.
Sebuah ide yang sangat unik untuk sebuah motor listrik. Comoto memiliki berat hanya 53 Kg (116.8 lbs) sangat bergantung pada sebuah battery ion lithium fosfat dengan kekuatan 72V 20ah dan dari sisi rangka, motor listrik ini sudah menggunakan campuran aluminium 6061-T6 dan bahan dasar pembuat pesawat dengan intensitas komponen yang tinggi sehingga tidak saja membuat Comoto ini menjadi sangat ringan, tetapi juga sangat aman untuk dikendarai.
Menjadi rekor dunia atau tidak yang pasti Comoto akan menjadi sepeda motor komuter yang Go Green.
sumber : topspeed.com
Sekilas terlihat seperti mainan saja, tapi inilah hasil pemikiran seorang Miguel yang merupakan designer CGI Cotta.
Dia membayangkan bagaimana wujud Harley-Davidson ditahun 2020 nanti, motor sport dengan sistem hubless, mesin berpendingin udara dan masih banyak lagi yang kelihatannya tidak masuk akal untuk dijadikan sebuah motor beneran.
lihat saja beberapa penampakannya ini...
sumber : topspeed.com
Manthap banget nih hasil kerjaan orang bule yang satu ini, dia bisa menyulap sebuah motor batangan menjadi sebuah trike yang bener-bener lux, atau lebih kerennya disebut sebagai “the world’s most luxurious trike”.
Ga berlebihan juga siy kalau dikatakan seperti itu, coba saja tengok penampakannya berikut ini, dari exterior sampai interior bener-bener bisa menunjukan kalau ini memang trike kelas premium.
Jadi ingat salah satu alat transportasi yang ada di kota Medan, betor (becak motor). Gimana kalau betor tersebut dibuat seperti ini yah….hehehe.
sumber: topspeed.com
Jakarta - Mungkin sesuatu yang mustahil jika sepeda motor dapat berjalan bebas dengan hanya menggunakan satu roda yang mengelilingi bodi sepeda motor.
Namun jangan salah, tidak lama lagi sepeda motor seperti itu akan terwujud. Setelah motor konsep Yamaha, kini ada lagi motor konsep satu roda.
Tengok saja seperti dikutip dari topspeed, Kamis (21/1/2010) dia adalah Neil Morris seorang pelajar dari universitas Savannah art dan design jurusan industrial design.
Morris berhasil membuat konsep kendaraan monobike atau kendaraan sepeda motor dengan satu roda. Kita harus mengakui bahwa konsep tersebut luar biasa yang kita belum pernah melihat hal yang seperti itu sebelumnya. di tempat sirkus pun belum pernah terselip di mata kita.
Konsep keceluruhan monobike, sang pencipta menjabarkan konsep sepeda motor tersebut mengadaptasi dari model rhinoceros berdasarkan bentuk kendaraan satu roda pada tahun 1900-an.
Ban tetap menggunakan karet yang diikatkan dengan satu track yang mengelilingi bodi sepeda motor, jadilah si motor dalam roda alias in-wheel motorcycle. Sementara posisi stang berada di dalam roda berikut spedometer dan indikator bensin di bagian dalam roda serta knalpot.
Pembesut mengilhami pada monobike atau kendaraan sepeda motor dengan satu roda sangat cocok untuk kendaraan dalam kota. Lalu bagaimana mengendarainya ya? Nah, sepertinya kita harus mempelajari cara mengendarainya.
sumber : oto.detik.com
Mungkin karena faktor persaingan dikelas sport yang membuat varian terbaru dari megapro ini diisukan akan turun harga, seperti yang ditulis oleh oto.detik.com, bahwa varian anyar ini akan dibandrol sekitar 18-19 jutaan yang mana jelas lebih murah dibanding Megapro yang sudah ada saat ini yang tembus angka 20 jutaan untuk type racing (mahal banget ya,padahal saya beli tahun 2007 masih 18-an).
Ga salah lagi kalau Varian All New Megapro ini diharapkan mampu melawan tandingannya dari pabrikan berlambang garputala, Byson. sebagai seorang penikmat kendaraan roda dua, sangat antusias banget untuk menunggu saat-saat kedua varian ini muncul dan bertarung dijalanan tanah air.
Jakarta - Rencana Honda untuk menurunkan kapasitas mesin Mega Pro dari 160 cc ke 150 cc sepertinya merupakan strategi untuk menurunkan harga jual motor tersebut.
Sebab dengan strategi itu, PT Astra Honda Motor (AHM) yang menjadi agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor Honda di Indonesia dapat melawan Yamaha Byson yang kabarnya juga akan keluar di awal tahun ini.
Jadi dengan penurunan kapasitas itu, Honda dapat menjual produknya itu dengan harga Rp 1-2 juta lebih murah dari harga saat ini tanpa harus mengorbankan spesifikasi dan keunggulannya, dan itu bagus untuk melawan Byson yang rencananya akan dijual di kisaran harga Rp 18 juta.
Mega Pro sendiri saat ini dijual dengan harga Rp 20,5 juta untuk tipe casting wheel (CW) dan Rp 19,3 juta untuk yang spoke wheel (SW) alias velg jari-jari. Nah bila benar, maka harga Mega Pro CW tentu akan berkisar di harga Rp 18-19 juta. Sama dengan banderol harga yang diberikan Yamaha untuk Byson mereka.
Bila memang benar melakukan hal itu, persaingan keduanya tentu akan semakin ketat dan makin terlihat. Motor sport terbaru dari Honda ini kabarnya akan keluar di akhir bulan Januari mendatang, dan bahkan ada kabar yang mengatakan bahwa produk baru Honda ini tidak akan menggunakan Mega Pro sebagai mereknya namun menggunakan merek lain.
sumber : oto.detik.com
Lebih mengagetkan lagi ternyata pihak AHM akan menyunat kapasitas mesin milik megapro ini dari semula 160 cc, tepatnya 156.7 cc, menjadi 150 cc saja, kira-kira apa ya pertimbangan AHM kok malah mengurangi kapasitas mesinnya, mungkinkah karena faktor kompetisi dengan pabrikan lainnya ? atau agar biaya produksinya lebih rendah ?... entahlah...hanya AHM dan Tuhanlah yang tau.
Apapun bentuknya nanti, semoga saja AHM bener-bener memberikan produk yang mampu memuaskan konsumennya...Amin.
Jakarta - Belum hilang keterkejutan kabar lahirnya Mega Pro terbaru, pecinta Honda di Indonesia sepertinya akan kembali dikejutkan oleh hal lain yakni berubahnya kapasitas mesin Mega Pro.
Kapasitas mesin Mega Pro yang semula sebesar 160 cc (di spesifikasi resmi 156,7 cc) kemungkinan besar akan mengalami penurunan menjadi 150 cc. Persaingan motor di kelas 150 cc pun tentu akan semakin memanas.
Terlebih bila melihat rencana rival-rivalnya seperti Suzuki dan Yamaha yang masing-masing berencana akan mengeluarkan Thunder 150 cc dan Byson.
"Mega Pro baru nanti akan menggunakan mesin 150 cc," ungkap seorang sumber detikOto yang ada di PT Astra Honda Motor (AHM).
Pergantian mesin itu sejalan dengan revolusi yang dilakukan Honda terhadap motor sport andalannya ini. Sebab Honda akan mengganti seluruh tampilan Mega Pro ke penampilan barunya yang lebih fresh dan futuristik.
"Garis disainnya (Mega Pro) sudah beda, mulai dari batok lampu depan sampai belakang sudah baru semua," ujarnya.
Dan karena perubahannya yang sangat revolusioner itu Mega Pro terbaru ini pun sebenarnya bisa kita katakan sebagai All New Mega Pro.
Pergantian ini pun seolah menjadi jawaban semua permintaan refreshing tampilan Mega Pro yang sudah bertahan sekian lama.
"Kuartal terakhir 2009 lalu kita memang kedatangan mesin 150 cc, saya kira itu yang akan digunakan CBR, eh ternyata dipakai buat Mega Pro," ujarnya.
Mega Pro terbaru ini kabarnya akan segera keluar di pasaran akhir bulan Januari atau Februari 2010 ini.
diambil dari oto.detik.com.